Detail Under Graduate Research

Back 
Detail Research
Research Title Hubungan faktor demografis dan indeks massa tubuh dengan prevalensi hipertensi pada masyarakat kota Ternate Mei 2008
Focus Degenerative Diseases and Aging
Investigator Yoshi Pratama Djaj
NIM
Adviser -
Category Epidemiology
Research Date (Start Date) 00 Juli 2008
Exam Date 00 00 2008
Keywords
Abstract

Latar Belakang: Hipertensi yang disebut juga sebagai the silent killer merupakan masalah kesehatan yang sulit diatasi seiring dengan peningkatan prevalensinya tanpa diimbangi dengan tingkat deteksi dan pengobatannya .Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui prevalensi hipertensi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada masyarakat kota Ternate.

Metode: Pada bulan Mei sampai Juli 2008 telah dilaksanakan penelitian dengan metode survei cross sectional melalui wawancara dan kuesioner serta pemeriksaan tinggi badan, berat badan dan tekanan darah. Sampel sendiri diperoleh melalui multi stage-random-sampling.

Hasil: Dari 502 responden yang berpartisipasi dalam penelitian, sebagian besar berusia 40 tahun ke atas (71.1%), jenis kelamin wanita (61.8%), bentuk keluarga inti (80.9%), pekerjaan ibu rumah tangga (40.5%), status menikah (79%), bersuku Ternate (48.3%), pendidikan terakhir tamat SLTA (40.2%), pendapatan keluarga menengah rendah (50.8%), dan obesitas (55%). Prevalensi hipertensi pada masyarakat kota Ternate adalah 32.4%. Terdapat hubungan yang bermakna antara usia (p<0.001), pendidikan (pO.OOl), status pernikahan (p^O.003) dan IMT (p=0.003) dengan hipertensi.

Kesimpulan: Prevalensi hipertensi pada masyarakat kota Ternate yang masih terbilang tinggi mencerminkan masalah kesehatan yang cukup besar di Indonesia

Kata kunci: Hipertensi, prevalensi, IMT, Ternate