Publication Detail

Journal/Magazine : Medical Journal of Indonesia; 2014 (Agust); 23 No.3; 127-32
IFNy modulates human immunoglobulin receptor expression in lipoaspirate-derived mesenchymal stem cells
Author : Dian Ratih Laksmitawati, Jeanne Adiwinata Pawitan, Mohamad sadikin, Caroline T Sardjono, Ahmad R Utomo
Departemen :Others, Level : National, Article Category : research
Medical Writer : yes, Research Type : biomedic
Abstract

Abstrak

Latar belakang: Sel punca mesenkim (MSC) mempunyai kapasitas imunomodulator terhadap penyakit autoimun dan mencegah penolakan imun alogenik. Banyak studi mengungkapkan bahwa MSC menghambat proliferasi sel T dan menginduksi kondisi imunosupresi melalui produksi prostaglandin dan interleukin-10. Pemberian MSC pada pasien autoimun dapat mengurangi autoantibodi di sirkulasi. Sejauh ini belum pernah dilaporkan keberadaan reseptor Fc (reseptor immunoglobulin) pada MSC. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ekspresi reseptor Fcγ (FcγR) pada MSC yang diisolasi dari lipoaspirat dengan mendeteksi mRNA reseptor Fcγ dan menganalisis apakah ekspresinya dapat dimodulasi.

Metode: MSC hasil isolasi dari lipoaspirat dikultur dalam medium yang sesuai dan dikonfirmasi melalui ekspresi molekul permukaan selnya menggunakan kriteria International Society for Cellular Therapy (ISCT). mRNA total kemudian diisolasi dan dideteksi apakah terdapat ekspresi mRNA FcγRI, FcγIIRA dan FcγRIIB. Ekspresi mRNA tersebut juga dideteksi apakah dapat dimodulasi dengan HAGG dan interferon (IFN)γ.

Hasil: mRNA reseptor Fcγ dapat dideteksi pada MSC pasase pertama. Ekspresi tersebut akan hilang pada pasase sel lebih dari 4. Penambahan IFNγ ke dalam kultur menyebabkan peningkatan ekspresi mRNA FcγRI dan FcγRIIA. Penemuan ini membuka pandangan baru untuk memahami interaksi dari MSC dan immunoglobulin G melalui reseptor Fcγ.

Kesimpulan: MSC yang diisolasi dari lipoaspirat mengekspresikan mRNA FcγR dan ekspresinya dapat dimodulasi dengan IFNγ.

 

 

 

 

Link : http://dx.doi.org/10.13181/mji.v23i3.923