Detail Research Data


Data Resident (PPDS)
Research Title Perbedaan Kualitas Hidup Caregiver Pasien Demensia Berdasarkan Derajat Beratnya Demensia
Kaji Etik Pass Number 3036
Kaji Etik Pass Date 02 Oktober 2007
Focus Degenerative Diseases and Aging
Principal Investigator dr Ria Maria Theresa
Pembimbing 1 Martina Wiwie
Pembimbing 2 dr. Irmansyah SpKJ(K)
Pembimbing 3 Kuntoro Harimurti
Departement Psychiatry
Category Clinic
Research Date 02 Oktober 2007
Research Object Manusia
Fund Source Mandiri
Level Penelitian Resident (PPDS)
Abstract

 

ABSTRAK

 

Latar belakang: Merawat pasien usia lanjut dengan demensia bukanlah pekerjaan yang tringan dan mudah , sanagt diperlukan pengetahuan, keterampilan, kemauan, pengabdian dan kesabaran. Pda caregiver dapat timbul kejenuhan, kekesalan, cemas, marah ataupun merasa lelah sampai depresi dalam mengurusi usia lanjut yang mengalami demensia.Penilaian kualitas hidup caregiver pasien demensia penting agar dapat dibuat perencanaan kesehatan bagi keduanya.

 

Tujuan: Mengetahui adanya perbedaan kualitas hidup caregiver pasien demensia berdasarkan derajat beratnya demensia. Penelitian dilakukan di RSCM Jakarta dari bulan September 2007-Mei2008.

 

Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan potong lintang dengan jumlah sampel 80 responden. Instrument yang digunakan adalah WHOQOL-BREF untuk menilai kualitas hidup dari caregiver pasien demensia, CDR untuk menilai derajat beratnya demensia, ADL dan IADL untuk menilai tingkat kemandirian pasien demensia, dan NPI untuk menilai perubahan perilaku dan psikologis pasien demensia. Tehnik analisis data dengan uji statistik Kruskal Wallis, Mann Whitney U dan Spearman.

 

Hasil: Terdapat perbedaan bermakna pada kualitas hidup caregiver pasien demensia dengan derajat beratnya demensia pada domain kesehatan fisik (p=0,026) dan domain lingkungan (p=0,036). Terdapat perbedaaan bermakna pada kualitas hidup caregiver dengan tingkat kemandirian pasien demensia pada domain relasi sosial (p=0,049) dan domain lingkungan (p=0,031). Terdapat perbedaan bermakna pada kualitas hidup caregiver pasien demensia dengan fungsi kemandirian pasien demensia pada domain psikologis (p=0,006) dan domain relasi sosial (p=0,005).

 

Simpulan : Terdapat perbedaan bermakna pada kualitas hidup caregiver yang merawat pasien demensia di RSCM Jakarta. Perbedaan ini dapat dianalisis lebih lanjut untuk melakukan skrining terhadap para caregiver yang merawat pasien demensia untuk membantu para caregiver mengetahui kualitas hidupnya sehingga kualitas hidup keduanya lebih baik.

 

Kata kunci: Kualitas hidup, caregiver dan demensia.