Detail Research Data


Data Resident (PPDS)
Research Title Nomogram Uroflowmetri pada anak-anak usia 6-14 tahun di wilayah Jakarta dan sekitarnya
Kaji Etik Pass Number 3038
Kaji Etik Pass Date 07 Januari 2008
Focus Urban Health Studies
Principal Investigator Hani Anindita Hendarto
Pembimbing
Departement Surgery
Category Clinic
Research Date 07 Januari 2008
Research Object Manusia
Fund Source Mandiri
Level Penelitian Resident (PPDS)
Abstract

 

Abstrak Latar

belakang

Pola perilaku berkemih pada anak-anak berbeda dengan orang dewasa, sehingga perlu untuk mendapatkan nilai referensi normal pada uroflowmetri pada anak-anak usia 6-14 tahun.

Metode

Dilakukan uroflowmetri pada sejumlah 209 anak-anak tanpa gangguan urologis, neurologis dan/atau psikologis usia 6-14 tahun. Dicatat nilai pancaran maksimum, nilai pancaran rata-rata, volume urin di samping data demografis berupa usia, jenis kelamin, berat dan tinggi badan serta penghitungan body surface area dan body mass index. Data statistik menggunakan SPSS, dan disusun nomogram menggunakan program Base Maker Excel.

Hasil

Rerata Q max pada wanita adalah 14.99 + 5.51 ml/det dan pada laki-laki 14.45 + 7 .21ml/det sedangkan rerata Q ave pada wanita adalah 8.75 + 3.25 ml/det dan pada laki - laki 8.74 + 3.95 ml/det. Perbedaan rerata Q max dan Q ave pada kedua jenis kelamin relatif kecil yaitu masing-masing 0.54 ml/det dan 0.01 ml/det. Rerata voidcd volume pada wanita adalah 115.04 + 60.19 ml dan pada laki - laki 100.78 + 82.44 ml Pada anak laki-laki terdapat hubungan bermakna antara penambahan tinggi badan, berat badan, body surface area dan body mass index terhadap Q max. Demikian pula dengan Q ave kecuali untuk bpdy mass index. Untuk voided volume, semuanya tidak bermakna. Peningkatan Q-Max maupun Q-Ave, masih dipengaruhi oleh usia. Sedangkan untuk anak perempuan, tidak terdapat hubungan bermakna antara Q max, Q ave dan voided volume dengan tinggi badan, berat badan, body surface area dan body mass index. Tinggi rendahnya Q max dan Q ave, tidak dipengaruhi oleh usia. Baik pada anak laki - laki maupun anak perempuan, Q max dan Q ave mempunyai hubungan bermakna dengan voided volume. Kemudian dibuat nomogram untuk Q max dan Q ave dengan persamaan garis y = konstanta log(usia) + konstanta untuk persentil 10,25,40,70, dan 90.

  Kesimpulan

Nomogram uroflowmetri dapat membantu ahli urologi dalam mendiagnosis gangguan pancaran urin pada rentang voided volume yang bervariasi, di mana uroflowmetri dapat menjadi skrining awal pada gangguan berkemih pada anak-anak dan juga untuk mengevaluasi respon pengobatan atau tindakan. Adanya perbedaan nilai dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya disebabkan karena beberapa faktor seperti faktor demografis, sosial budaya, pola perilaku berkemih, dan lain-lain. Penelitian ini memberikan nilai referensi untuk nilai pancaran maksimum dan nilai pancaran rata-rata urin pada anak-anak laki-laki dan perempuan normal. walaupun demikian masih diperlukan penelitian lanjutan dengan jumlah sampel yang lebih banyak

Kata kunci     : Nomogram, Uroflovmetri, Anak-anak