Department Detail

:: Anesthesiology

DEPARTEMEN ANESTESIOLOGI DAN INTENSIVE CARE

              Departemen Anestesiologi dan Intensive Care FKUI/RSCM adalah pusat pendidikan, penelitian dan pelayanan Anestesiologi dan Intensive Care yang pertama dan tertua di indonesia, dan saat ini menjadi salah satu yang terdepan di indonesia. Berkomitmen untuk menjadi salah satu pusat pelayanan, pendidikan dan penelitian dibidang anestesiologi dan intensive care terkemuka di Asia Pasifik.

              Setiap tahunnya, departemen Anestesiologi dan Intensive Care FKUI/RSCM memberikan pelayanan terhadap lebih dari 12.000 kasus pertahunnya, dengan variasi kasus dan kompleksitas yang beragam dan tersebar diseluruh unit pelayanan RSCM. Pelayanan Medik yang diberikan mencakup beberapa bidang, diantaranya:

  • Unit Perawatan Intensive (Intensive Care Unit-ICU)
  • Pelayanan Anestesia : Prosedur Anestesi Rawat Jalan, Poliklinik Perioperatif dan Tata Laksana Nyeri, Pelayanan Anestesia Obstetric dan Ginekologi, Pelayanan Anestesia pediatrik, Pelayanan Neuroanalgesia, Pelayanan Anestesia Regional, Pelayanan Anestesia Kardiovaskuler, Pelayanan Anestesia Bedah Kepala dan Leher.
  • Penatalaksanaan Nyeri akut (Acute Pain Services)

 

PENELITIAN

              Penelitian di Departemen Anestesiologi di titik beratkan kepada 3 bidang utama, yaitu Critical Care, Anestesia Regional dan Tata Laksana Nyeri serta Anestesia, yang masing masing meliputi riset dasar dan dengan yang diselaraskan dengan pohon penelitian Universitas Indonesia yang sudah ada.

              Fokus dari penelitian di bidang Critical Care adalah menyeimbangkan perkembangan sains tekhnologi dasar dengan praktik di bidang Critical care sehari-hari, meliputi tatalaksana pasien kritis dan resusitasi, tatalaksana jalan nafas dengan berbagai alat bantu jalan nafas, pembuatan sistem skoring untuk prognosis pasien kritis, gangguan koagulasi, pemberian cairan dan terapi oksigen.

              Fokus dari pohon riset regional adalah untuk mengkoordinasi dan melakukan riset klinik dan riset dasar yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan, efikasi dari penggunaan teknik anestesia regional pada periode perioperatif. Yang menjadi titik berat adalah outcome perioperatif, modalitas aplikasi (teknik tradisional, teknik baru, ultrasound guidance) dan komplikasi. Bagian lain yang menjadi titik berat adalah aplikasi dari teknik anestesia regional dan penggunaan anestesia lokal di luar anestesia itu sendiri. 

             Fokus dari pohon riset anestesia adalah menyelaraskan penelitian dasar yang ada dan terus berkembang dengan aplikasinya di klinis, sehingga dapat diberikan anestesia yang efektif, aman, dan nyaman bagi pasien. Pohon riset Anestesia meliputi : monitored anesthesia care, pencegahan dan tatalaksana komplikasi anestesia, premedikasi dan induksi anestesia umum, serta keefektifan kombinasi anestesia umum dan regional.