Department Detail

:: Ophthamology

Department Ilmu Kesehatan Mata

 

Departemen Ilmu Kesehatan Mata adalah salah satu departemen yang ada di FKUI-RSCM yang menangani permasalahan kesehatan mata dan merupakan institusi penyedia jasa layanan, pendidikan dan penelitian bidang kesehatan mata.  Departemen IK Mata RSCM memiliki visi untuk menjadi pusat oftalmologi terbaik di Indonesia dan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Departemen IK Mata memberikan berbagai pelayanan kesehatan mata mulai dari pelayanan kegawatdaruratan mata, pemeriksaan mata umum, pemeriksaan sub spesialistik, operasi dan rawat inap. Pemeriksaan kesehatan mata dilakukan di Poliklinik Mata Gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ) lantai 4, dengan sistem spesialistik dan subspesialistik. Pelayanan sub spesialistik terbagi menjadi 10 divisi yaitu, Kornea & Bedah Refraktif, Glaukoma, Vitreo Retina, Refraksi, Infeksi & Imunologi, Tumor Mata, Plastik Rekonstruksi, Neuro Oftalmologi, Pediatrik dan Strabismus. Dengan sistem ini pasien akan mendapatkan pelayanan lebih komprehensif. Penyakit mata yang membutuhkan penanganan berupa operasi akan dilayani di  Kamar Operasi (OK) Swadana Mata.

Poliklinik dan OK Swadana Mata melayani pasien umum, rujukan ASKES, ASKESKIN, GAKIN maupun SKTM. Departemen Mata RSCM selalu berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan mata berkualitas tinggi yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Secara rutin, Departemen Mata juga melakukan Operasi Mata Bakti Sosial bekerja sama dengan para donatur seperti Rapi Film, Lions Metropolitan Indonesia, PLN, Seeing is Believing-Standard Chartered Bank (SCB), Bakrie Group, PT. Indosiar, Pundi Amal SCTV, Telkom, Mata Hati-Peduli Kesehatan Mata, Yayasan Pelita Usila dan Yayasan Dharmais, serta berbagai BUMN dan perusahaan atau organisasi lainnya. Program ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya penanggulangan kebutaan di Indonesia, sejalan dengan Program WHO Vision 2020 - The Right to Sight.

 

 

Visi

Menjadi salah satu pusat pendidikan oftalmologi terbaik di Asia Tenggara yang menghasilkan dokter spesialis mata, pelayanan oftalmologik dan produk lain yang mempunyai daya saing di era Globalisasi.

Misi

1.    Menyelenggarakan pelayanan mata bermutu tinggi dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat

2.    Memberikan pendidikan oftalmologi bermutu international

3.    Menyelenggarakan penelitian yang mampu memberikan kontribusi pada pemecahan masalah oftalmologi di tingkat nasional dan internasional

 

 

Departemen Ilmu Kesehatan Mata

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Jl. Salemba Raya No. 6 Jakarta

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta

Tel&Fax :  62 - 21 - 31934878

Website: www.mata-fkui-rscm.org

Email: mata.fkui@gmail.com

 


Active Students

    Summary : 4 students

  1. A.
  2. B.
  3. C.
  4. D.