Department Detail

:: Others

PUSAT PENELITIAN & LAYANAN KESEHATAN VIROLOGI DAN KANKER PATOBIOLOGI

 Description

Terciptanya lingkungan dan bidang penelitian yang mantap dan mendukung pengembangan TRIDHARMA FKUI yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melaui unit riset kedokteran FKUI

Tujuan

1. Meningkatkan kemampuan staff akademik di bidang penelitian kedokteran dan kesehatan

2. Melaksanakan program penelitian yg terintegrasi

3. Meningkatkan jumlah serta mutu publikasi dan jurnal baik nasional maupun internasional

**********************************************************************************

2. PUSAT UNGGULAN PENDIDIKAN, PELAYANAN, PENELITIAN, DAN PELATIHAN ASUHAN TERPADU KESEHATAN IBU DAN BAYI (ATKIB)

RINGKASAN

Universitas Indonesia (UI), khususnya Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), telah cukup banyak melakukan kegiatan dalam memajukan kesehatan ibu dan anak, seperti Asuhan Persalinan Normal (APN), Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar (PONED), Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK), Kesehatan ibu bayi dan balita (KIBBLA), Manajemen Laktasi, dsb. Selain itu berbagai penelitian mengenai kesehatan Ibu dan Anak juga telah dilakukan dan dipublikasikan baik dalam jurnal internasional, maupun jurnal nasional.

Berdasarkan peran aktif FKUI di masyarakat dan pemikiran-pemikiran di atas maka FKUI menganggap sudah waktunya FKUI mendirikan sebuah  Pusat Unggulan Pendidikan dan Penelitian Asuhan Terpadu Kesehatan Ibu dan Bayi di FKUI (FKUI Center of Excellence for Education and Research in Integrated Maternal and Infant Care).

Pusat Unggulan ini dibentuk dengan visi yaitu Menjadi pusat unggulan yang berperan utama meningkatkan derajat  kesehatan ibu dan bayi di Indonesia dengan menerapkan nilai-nilai berdasarkan empati, culture awareness,  keterpaduan, dan profesionalisme.

Untuk mencapai visi tersebut, Pusat Unggulan Pendidikan dan Penelitian Asuhan Terpadu Kesehatan Ibu dan Bayi memiliki misi-misi sebagai berikut:

  1. Menjadi pusat evaluasi permasalahan untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan bayi di Indonesia
  2. Meningkatkan kuantitas  dan kualitas pendidikan, pelatihan kompetensi, penelitian, dan pelayanan yang terkait kesehatan ibu dan bayi.
  3.  Meningkatkan culture awareness dalam bidang pendidikan dan pelayanan terkait ATKIB
  4. Menjalin fokus kerjasama nasional dan internasional 
  5. Melakukan advokasi ke pemerintah untuk perbaikan kebijakan ATKIB nasional

Secara khusus, Pusat Unggulan ini bertujuan untuk menyediakan jasa konsultasi dari tenaga ahli kesehatan melalui expert forum dalam bidang kesehatan ibu dan bayi, melakukan edukasi kesehatan masyarakat dalam pelayanan di bidang kesehatan ibu dan bayi yang menerapkan ilmu budaya, mengadakan penelitian terpadu dalam bidang kesehatan ibu dan bayi, menyusun modul pendidikan dan model pelayanan dalam bidang kesehatan ibu dan bayi, mengadakan pelatihan kompetensi dalam bidang kesehatan ibu dan bayi, melakukan pengembangan, penapisan, dan penerapan teknologi tepat guna untuk pelayanan kesehatan dalam bidang kesehatan ibu dan bayi, menjadi simpul utama jaringan kepakaran dalam bidang kesehatan ibu dan bayi baik secara nasional maupun regional, dan memberikan asupan kebijakan pemerintah dalam bidang kesehatan ibu dan bayi. Dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut, Pusat Unggulan akan melibatkan berbagai disiplin ilmu di samping ilmu kedokteran seperti ilmu kesehatan masyarakat, ilmu keperawatan, teknik mesin, teknik elektro, ilmu sosial, dan sebagainya. Dengan demikian Pusat Unggulan yang akan didirikan ini bukan merupakan pusat penelitian yang sifatnya mono disiplin ilmu, namun gabungan dari berbagai displin ilmu (multidisiplin) dan pendidikan, penelitian serta layanan yang dilakukan di dalam Pusat Unggulan lebih ditujukan untuk membantu pemerintah Indonesia, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, sesuai Millenium Development Goal 4 dan 5.

**********************************************************************************